Sertifikasi Digital Marketing, Lembaga Sertifikasi Profesi


Oioi sobat NakNan, minNak is back!!! Gimana kabarnya guys? Semoga sehat selalu yaa...

Kali ini minNak mau bahas sesuai judul yang minNak tulis yaitu tentang Sertifikasi Digital Marketing. Eits tapi sebelumnya minNak disini mau menepati janji minNak tempo hari. Ada yang inget minNak janji apa sama sobat NakNan? Meskipun banyak yang janjiin kepastian sama sobat minNak, tapi sobat minNak harus inget janji minNak sebelumnya.

Yak betul! MinNak janji akan ngasih tau strategi-strategi apa saja yang bisa diterapkan sehingga digital marketing ini bisa berhasil sesuai tujuan. 

Okay, let's check it out!!!

Sebelum langsung ke strateginya, perlu minNak jelasin ada beberapa jenis digital marketing, yaitu:

1. Search Engine

Search Engine ini terbagi jadi dua, yaitu SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing). Dua mesin pencari ini berperan penting dalam optimalisasi website perusahaan. Perbedaan diantara keduanya yaitu SEO bisa dilakukan secara mandiri dan memakan harga yang murah, sedangkan SEM memakan harga yang cukup mahal tetapi waktu yang dibutuhkan lebih cepat.

2. Website

Website memiliki peran yang sangat penting dalam menunjukkan branding profil perusahaan. Konsumen bisa dengan mudah mengetahui brand bisnis yang sobat NakNan miliki, promosinya pun hemat dan pengelolaannya mudah.

3. Marketing

Ada beberapa pilihan marketing yang bisa dijadikan opsi para pelaku usaha untuk memaksimalkan pemasaran brand usaha. Pertama yaitu social media marketing, banyak social media yang dapat dipakai sebagai media promosi secara gratis misalnya facebook, twitter, instagram, dan lain-lain. Kedua yaitu online advertising, media ini tidak gratis bahkan memakan harga yang cukup mahal namun hasilnya lebih cepat dan memuaskan. Ketiga email marketing, melalui media ini sobat NakNan bisa tahu promosi yang sedang berlangsung ataupun info tentang usaha terbaru yang sedang tren. Yang terakhir yaitu video marketing, dengan media video maka para pelaku usaha bisa menjelaskan tentang produknya dengan jelas dan bisa juga disisipkan testimoni dari para konsumen.

Nah itu dia beberapa jenis digital marketing. Sekarang minNak jelasin gimana cara memulai digital marketing. Beberapa hal yang perlu disiapkan yaitu:

1. Alat untuk pemasaran. Alat bantu yang bisa dipakai dalam digital marketing beberapa diantaranya yaitu: website, akun social media, jejak digital seperti review dan testimoni dari konsumen, dan lain-lain. Alat bantu yang sudah minNak sampaikan ini bisa menjadi aset buat sobat NakNan dalam menjalankan usaha loh, jadi jangan lupa dikelola dengan baik yah😉

2. Konten. Para pelaku usaha sangat perlu membuat konten yang menarik. Konten yang dibuat bisa berupa foto, video, ataupun tulisan. Selain menarik, konten yang dibuat juga harus informatif mengenai produk yang akan dipasarkan. Selanjutnya tentukan target pemasaran yang sesuai dengan konten.

3. Setelah mengunggah semuanya, maka perlu dilakukan evaluasi. Tentukan mana konten yang memberikan feedback dan fokus pada aset yang memberikan feedback baik pada bisnis.

4. Langkah terakhir yaitu sobat NakNan bisa bergabung ke forum marketplace, sehingga produk bisa lebih dikenal dan profil bisnis usaha yang bagus sangat berpengaruh ke branding profil perusahaan.

Setelah selesai menyiapkan beberapa alat bantu, sekarang langsung minNak kasih tahu strategi digital marketing.

1. Search Engine Optimization (SEO)

Dengan menggunakan SEO ini maka situs bisnis usaha akan mendapatkan peringkat atas dari hasil pencarian. Tetapi, perlu diperhatikan pula bagaimana sistem mesin pencari itu bekerja sehingga hasil yang dicapai lebih maksimal.

2. Content Marketing

Konten pemasaran yang menarik sangat diperlukan ketika akan memasarkan suatu produk. Konten ini yang nantinya akan membuat para calon konsumen tertarik untuk membeli produk.

3. Automatic Marketing

Pemasaran otomatis merupakan teknik pemasaran yang dilakukan secara berulang. Tugasnya pun sudah tersusun alurnya. Automatic marketing ini bisa dilakukan lewat e-mail dan social media.

4. Pay-Per-Click (PPC)

Sistem kerja PPC adalah mengarahkan traffic ke situs perusahaan, contohya seperti Google AdWord, Facebook Ads, dan media sponsor lainnya.

5. Native Advertising

Pemasaran ini berbentuk konten berbayar, bentuknya pun memiliki kemiripan dengan konten media. Contohnya seperti Promoted Post di social media Facebook, Instagram, dan lain-lain.

6. Affiliate Marketing

Strategi ini dilakukan dengan menjalin mitra dengan layanan atau situs orang lain yang memiliki feedback banyak, sehingga banyak orang yang mengunjungi situs perusahaan sobat NakNan. Affiliate marketing dapat dilakukan dengan cara Hosting video ads.

7. Social Media Marketing

Social Media Marketing merupakan cara yang murah dan cepat untuk membesarkan brand yang dimiliki sobat NakNan. Promosi bisa dilakukan di Facebook, WhatsApp, Instagram, dan social media lainnya.

Nah gimana nih sobat NakNan? Sudah paham? Dari semua yang sudah minNak jelaskan, akan lebih mudah jika sebelum memulai pemasaran sobat minNak mengikuti Sertifikasi Digital Marketing supaya lebih jelas pemahamannya dan dapat diterapkan dalam strategi pemasaran saat menjalankan usaha. Sertifikasi ini tentunya akan dimentori oleh mentor-mentor berpengalaman dari Lembaga Sertifikasi Profesi, sehingga ilmu yang disampaikan akan sangat berguna pada penerapannya.

Nah sobat minNak bisa kunjungi halaman lspdigital.id lebih jelasnya. Lembaga Sertifikasi Profesi tersebut juga akan membantu sobat NakNan sampai  paham tentang sertifikasi digital marketing dan lulus sertifikasi.

Atau sobat NakNan bisa juga langsung cuss hubungi Contact Person (+6285329489247)/(+6282122064698)/(+6281213355783) untuk respon lebih cepat.

Good luck sobat NakNan😉