Digital Marketing


Hellow guys!! Kali ini minNak mau ngulik tentang Digital Marketing.

Sebelumnya udah pada tau belum apa itu Digital Marketing? Yak betul.. Secara terjemahan bahasa, definisi digital marketing yaitu strategi pemasaran secara digital menggunakan media internet.
Sobat NakNan pernah lihat suatu produk atau brand yang melakukan strategi pemasaran dengan kampanye online atau biasa disebut digital campaign? Atau juga lihat strategi pemasaran lewat website atau sosial media? Nah itu semua bisa disebut digital marketing. Konsep dari digital marketing ini yaitu mendongkrak pemasaran suatu produk sehingga bisa meningkatkan nilai penjualan dari suatu brand. Seiring waktu berlalu dengan perubahan zaman dan kemajuan teknologi, tren digital marketing ini menjadi salah satu tren di dunia bisnis.

Lalu, pertanyaannyeaaa, digital marketing itu seberapa penting sih dalam dunia bisnis?

Nah, perlu kita ketahui, tujuan dari digital marketing itu untuk menarik calon konsumen dan selanjutnya menjadi konsumen secara cepat. Sekarang ini perkembangan teknologi dan internet di masyarakat sudah berkembang pesat, sehingga strategi pemasaran melalui digital marketing banyak dijadikan pilihan oleh para pelaku usaha. Karena banyaknya para pelaku usaha yang menjadikan digital marketing sebagai strategi pemasaran, akibatnya banyak konten di dunia maya yang saling berlomba-lomba untuk menarik calon konsumen.

Sama seperti strategi pemasaran lainnya, digital marketing ini mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya yaitu:

1. Penyebaran yang cepat
2. Evaluasi output kegiatan mudah dilakukan
3. Jangkauan pemasaran lebih luas
4. Murah dan efektif
5. Membangun eksistensi nama brand dengan baik

Dengan beberapa kelebihan dan kemudahan tersebut, perlu diperhatikan dalam pelaksanaannya sehingga dapat menghindari kesalahan. Kesalahan umum yang biasanya terjadi saat menerapkan strategi pemasaran dengan digital marketing yaitu:

1. Strategi tidak tepat sasaran
Sebelum menerapkan digital marketing, pelaku usaha perlu menentukan tujuan dan rencana pemasaran produk sehingga target pemasaran bisa dirancang secara spesifik dan tepat sasaran sesuai dengan target pasar.
2. Tidak memahami calon konsumen
Untuk memahami calon konsumen, pelaku usaha bisa menyesuaikan kemasan produk, konten untuk promosi, dan pemilihan KOL (Key Opinion Leader) yang bisa dicari dengan tren produk menggunakan Google Trends.
3. Pengukuran kinerja digital marketing diabaikan
4. Tidak memperhatikan copywriting dan stroty telling
5. Penataan website tidak rapi dan isiannya tidak lengkap
6. Tidak sesuainya iklan dan landing page

Itulah beberapa kesalahan umum yang sering terjadi dalam penerapan digital marketing. Tidak jarang pula kesalahan-kesalahan tersebut bisa berakibat fatal bagi para pelaku usaha yaitu dapat menghancurkan bisnis.

Oleh karena itu, sobat NakNan yang berencana mau menerapkan digital marketing dalam strategi pemasaran bisnisnya, perlu menerapkan strategi-strategi dalam pelaksanaannya sehingga strategi pemasaran secara digital marketing ini dapat sukses. Semua itu bisa sobat NakNan dapatkan kalo  punya sertifikasi kompetensi.

Nah sobat NakNan yang mau ikut sertifikasi digital marketingbisa langsung kunjungi halaman lspdigital.id . Atau bisa menghubungi Contact Person (+6285329489247)/(+6282122064698)/(+6281213355783). LSP tersebut akan mementori sobat NakNan sampai kompeten di bidang digital marketing.

Strateginya apa aja ya? Mau tau jawabannyea? Mau? Mau lah ya😄
Oke nanti minNak kasitau, di postingan selanjutnya yaa... See you sobat NakNan!!!